Liverpool Gilas City 3-0 di Anfield

Agen Bola Terbaik

Liverpool Gilas City 3-0 di Anfield

3bd0ed40-1b6b-4851-93c6-dda70cfff761_43

Liverpool – Liverpool memetik kemenangan telak 3-0 saat menjamu Manchester City. Hasil ini pun menebus kekalahan mereka di final Piala Liga Inggris akhir pekan lalu.

Liverpool menjamu City di Anfield, Kamis (3/3/2016) dinihari WIB, hanya berselang kurang lebih tiga hari dari pertemuan di final Piala Liga Inggris di Wembley. Kala itu ‘Si Merah’ harus takluk 1-3 dalam adu penalti usai berimbang 1-1 selama 120 menit.

Meski datang dengan bekal hasil pahit, Liverpool justru memulai laga dengan percaya diri dan mengontrol permainan. Mereka melakukan pressing dengan gencar dan tak membiarkan City mengembangkan permainan.

Adam Lallana membawa Liverpool unggul di menit ke-34 lewat sebuah sepakan terukur dari luar kotak penalti. James Milner menggandakannya empat menit sebelum babak pertama usai, meneruskan umpan Roberto Firmino.

Di babak kedua Liverpool tetap tak membiarkan City membangun temponya sendiri. Firmino kemudian mencetak gol ketiga di menit ke-57 memanfaatkan umpan terobosan Lallana.

Whoscored mencatat dalam penguasaan bola, kedua tim relatif berimbang perbandingan 51%-49% untuk sedikit keunggulan Liverpool. Tapi tuan rumah jauh lebih unggul dalam jumlah peluang, melepaskan 11 tembakan dengan tujuh tepat sasaran. Sedang City cuma punya empat percobaan di mana hanya dua yang mengarah ke gawang.

Dengan kemenangan ini, Liverpool bertahan di posisi delapan klasemen dengan nilai 41 dari 27 pekan. Sementara City tertahan di urutan empat dengan 47 poin dari jumlah laga yang sama, sementara tim-tim lain sudah memainkan 28 pertandingan.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim bermain terbuka sejak peluit kick-off dibunyikan. Seperti pada pertemuan di final Piala Liga Inggris akhir pekan kemarin, Liverpool mencoba mengontrol pertandingan dengan penguasaan bola.

Kendati demikian, City yang lebih dulu melancarkan percobaan melalui sundulan Fernandinho menyambut umpan lambung David Silva. Tapi upaya ini belum menemui sasaran karena melambung.

Memasuki menit ke-22, City melakukan tusukan lain di sisi kanan. Navas menahan bola sebelum kemudian mengoper ke Pablo Zabaleta. Zabaleta lantas coba melepaskan umpan silang deras ke muka gawang, tapi Simon Mignolet memotongnya dan menepis bola ke luar kotak penalti.

Tak lama berselang, Liverpool balas menekan melalui sepakan Roberto Firmino usai menerima umpan dari Adam Lallana. Sepakannya masih mudah diamankan Joe Hart.

City melakukan tusukan cepat lagi di menit ke-28, kali ini lewat sisi kiri. Raheem Sterling melakukan aksi memotong ke tengah dan melepaskan tendangan keras. Cuma mengarah ke kiri gawang Mignolet.

Liverpool memetik keunggulan di menit ke-34 setelah membangun serangan di sisi kanan. James Milner memberikan umpan ke Lallana, yang kemudian bergerak mendekati kotak penalti tanpa penjagaan ketat. Dia lantas melepaskan sepakan kaki kiri mendatar yang berakhir di pojok kanan bawah gawang tanpa mampu dijangkau Hart.

Sebuah serangan lain dari sisi kanan enam menit berselang berbuah gol kedua Liverpool. Lallana menyodorkan bola dengan tumit ke Firmino, yang kemudian diteruskan dengan umpan mendatar ke Milner di tengah kotak penalti. Milner kemudian menyontek bola ke pojok kanan bawah gawang melewati Hart.

City coba keluar menyerang di sisa babak pertama. Tapi selalu kesulitan menghadapi tekanan gencar dari para pemain Liverpool. Babak pertama pun berakhir untuk keunggulan tuan rumah.

Liverpool mempertahankan tempo bermain saat memulai babak kedua. Tiga menit dari sepak mula, Origi mendapatkan kesempatan meneruskan umpan terobosan Milner. Sepakannya dihalau oleh Hart.

Di menit ke-57, Liverpool menambah keunggulan. Lallana merebut bola liar tak jauh dari kotak penalti, melewati dua pemain, lalu mengoper ke Firmino yang tak terkawal di sisi kiri. Firmino lantas menuntaskan dengan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah gawang.

Tiga menit berselang, giliran Milner memberikan ancaman serius untuk City. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti susah payah ditepis Hart.

Liverpool terus menekan City. Di menit ke-64, kerja sama apik Lallana dan Clyne di sisi kiri diakhiri dengan umpan terakhir ke Milner. Milner coba mengarahkan sepakan, tapi masih melebar.

City masih kesulitan mengembangkan permainan. Di menit ke-71, Aguero mencoba menusuk usai mendapatkan bola di depan kotak penalti. Dia sukses melewati Dejan Lovren, tapi kemudian kehilangan bola setelah ditekel oleh Kolo Toure.

Dengan keunggulan tiga gol, Liverpool mulai bermain lebih defensif memasuki fase akhir pertandingan. Meski demikian, Liverpool tak membiarkan City leluasa memegang bola saat memasuki area mereka.

Di menit ke-85, Liverpool punya peluang lewat bola mati tak jauh dari kotak penalti. Henderson maju sebagai eksekutor dan mengarahkan bola ke pojok kiri gawang. Hasilnya masih melebar tipis saja.

Di masa injury time, Liverpool nyaris mencetak gol spektakuler. Joe Allen melepaskan sepakan voli dari luar kotak penalti usai menerima bola sodoran dari Christian Benteke. Beruntung bagi City, sepakan Allen masih tipis saja di atas mistar gawang. Tak ada gol lagi di sisa waktu.

Susunan pemain:

Liverpool: Mignolet, Clyne, Toure, Lovren, Flanagan, Henderson, Can, Milner (Ibe 88′), Lallana, Firmino (Allen 75′), Origi (Benteke 69′)

City: Hart, Zabaleta, Clichy (Kolarov 74′), Kompany, Otamendi, Fernando, Fernandinho (Iheanacho 55′), Navas, Silva, Sterling (Bony 46′), Aguero

Agen Bola Sbobet