City Rebut Puncak Klasemen Usai Kalahkan Southampton 3-1

Agen Bola Terbaik

City Rebut Puncak Klasemen Usai Kalahkan Southampton 3-1

Manchester – Manchester City merebut puncak klasemen Premier League. Adalah kemenangan 3-1 atas Southampton yang mengantar The Citizens untuk sementara menggusur Leicester City.

Di Etihad Stadium, Sabtu (28/11/2015) malam WIB, City bermain tanpa Vincent Kompany dan Joe Hart yang masih dibekap cedera. Sebagai gantinya Wilfredo Caballero dipasang di bawah mistar, sementara Martin Demichelis berpartner dengan Nicola Otamendi di sentral pertahanan.

Sangat dominan di menit-menit awal, City membuka keunggulan ketika pertandingan baru berjalan sembilan menit melalui Kevin De Bruyne. Sepakan Fabian Delph yang membentur kaki pemain Soton dan masuk ke gawang di menit 21 menambah keunggulan skuat Manuel Pellegrini jadi 2-0.

Southampton berhasil memperkecil ketinggalannya di awal babak kedua saat tandukan Shane Long menggetarkan jala tuan rumah. Tapi City bisa memperlebar lagi keunggulan melalui sepakan Aleksandar Kolarov pada menit 69.

Kemenangan ini menjadi yang pertama didapat City dalam empat pertandingan terakhir. Di tiga laga sebelumnya mereka berturut-turun diimbangi Aston Villa, digasak Liverpool, dan menyerah dalam lawatan ke Juventus.

Dengan kini mengumpulkan 29 poin, City berhak duduk di puncak klasemen Premier League. Tapi posisi mereka bisa kembali turun, tergantung pada hasil duel Leicester City (28) dengan Manchester United (27) yang akan bertanding pada 00.30 WIB nanti.

Jalannya Pertandingan

City mendominasi serangan di menit-menit awal pertandingan. Setelah percobaan pertama Raheem Sterling diblok kiper Stekelenburg di menit kedua, dua menit berselang tendangan bebas Kolarov yang mengarah ke sudut atas gawang juga dihentikan kiper asal Belanda itu.

City membuka keunggulan di menit sembilan, di mana gol tersebut bermula dari kesalahan yang dibuat Maya Yoshida di sisi kanan pertahanan Southampton saat dia kehilangan bola ketika berhadapan dengan Sterling. Dari momen itu Sterling langsung menggiring bola masuk ke kotak penalti dan melepaskan umpan mendatar, yang dibelokkan ke dalam gawang oleh De Bruyne.

Sebuah kesalahan lain yang dibuat barisan belakang Southampton nyaris memberi City hadiah gol kedua pada menit 12. Kali ini Stekelenburg berhasil mengamankan gawangnya saat dia memblok sontekan Sergio Aguero dari dalam kotak penalti setelah striker Argentina itu dapat umpan terobosan.

Gol! City mencetak gol keduanya di menit 21. Diawali dari skenario tendangan sudut. Bola yang melayang ke kotak penalti gagal digapai pemain The Citizens.

Si kulit bundar kemudian bergulir ke luar kotak penalti, di mana Delph sudah menunggu untuk melepaskan tendangan di sana. Shot yang dia lepaskan masuk ke gawang setelah membentur kaki Virgil van Dijk dan mengecoh kiper Maarten Stekelenburg.

Dua menit setelah gol Delph, Southampton nyaris mencetak gol untuk memperkecil skor. Virgil van Dijk melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, bola yang gagal digapai Caballero mental ke luar lapangan setelah terlebih dulu membentur mistar gawang.

Empat menit sebelum turun minum Southampton punya kesempatan lain bikin gol. Shane Long berhasil memecah pertahanan City untuk mengejar umpan teronbosan. Tapi shot yang dia lepaskan dari dalam kotak penalti diblok dengan dua tangan oleh Caballero.

City menciptakan peluang terakhir di babak pertama pada menit 44. Yaya Toure menggiring bola ke dalam kotak penalti dengan Diapit beberapa rekannya di sana. Gelandang asal Pantai Gading itu memilih untuk menuntaskan sendiri aksinya. Hasilnya adalah kegagalan karena dia kehilangan bola ketika mencoba melewati bek Southampton tak jauh dari gawang.

Pada awal babak kedua, tepatnya menit 50, Southampton berhasil memperkecil ketinggalannya. Gol itu datang dari umpan silang yang dikirim Sadio Mane ke tiang jauh. Di sana Long melompat tinggi mengalahkan Martín Demichelis untuk menanduk bola. Si kulit bundar masuk ke dalam gawang tanpa bisa dihalau Wilfredo Caballero.

Southampton nyaris menyamakan kedudukan di menit 61 saat Tadic masuk ke kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan Caballero. Tapi dalam posisi satu lawan satu, bola yang dicungkil Tadic masih bisa ditepis kiper nomor dua City itu. Sementara upaya rebound yang dilakukan Long terhadang lengan Fernandinho. Klaim penalti pemain Southampton atas kejadian itu dimentahkan wasit.

Tekanan yang dirasakan City setelah Southampton memperkecil ketinggalan akhirnya sedikit menghilang setelah Aleksandar Kolarov mencetak gol di menit 70. Kolarov menjebol gawang Southampton untuk menuntaskan serangan rapi yang dibagun City dari belakang. Mendapat bola dari Kevin de Bruyne, wingback asal Serbia itu dengan tenang mengontrol bola menggunakan dadanya dan melepaskan tendangan yang menjebol gawang Stekelenburg.

Southampton yang belum menyerah menciptakan peluang lain di menit 83. Bersama tiga orang rekannya Mane menusuk ke dalam kotak penalti, berhadapan dengan dua bek City. Dalam posisi tersebut Southampton gagal bikin gol karena tembakan Mane diblok Caballero.

Tidak ada gol tambahan lahir di sisa pertandingan dan tiga menit injury time. City menuntaskan perjamuan terhadap Southampton dengan skor 3-1.

Susunan Pemain

City: Wilfredo Caballero, Bacary Sagna, Aleksandar Kolarov, Martín Demichelis, Nicolás Otamendi, Raheem Sterling (’75 David Silva), Kevin De Bruyne, Fabian Delph (’70 Fernando), Fernandinho, Yaya Touré, Sergio Agüero (’64 Bony)

Southampton: Maarten Stekelenburg, Maya Yoshida, Jose Fonte (’36 Steven Caulker), Virgil van Dijk, Ryan Bertrand, Steven Davis, Sadio Mane, Victor Wanyama, Oriol Romeu (’45 Dusan Tadic), James Ward-Prowse (’55 Juanmi), Shane Long

Agen Bola Sbobet